PEMIMPIN SAD AKAN DILIBATKAN DALAM SOSIALISASI PEMILUKADA

Wednesday, January 5, 2011


Sarolangun – Jambi, 28/12 (ANTARA) – Dalam rangka mensosialisasikan kegiatan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada) kepada masyarakat khususnya Suku Anak Dalam (SAD), Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Sarolangun berencana melibatkan pemimpin orang rimba setempat agar mempermudah komunikasi.

“Kami berencana melibatkan tumenggung (pimpinan) SAD dimasing – masing wilayah. Hal ini penting dilakukan agar warga SAD mengerti apa yang ingin kita sampaikan terkait Pemilu Kada,” kata Ketua KPU Kabupaten Tebo, Desi Ariyanto, Selasa.

Menurut dia, kebijakan itu sengaja mereka ambil didasari pada pengalaman pada saat penyelenggaraan pemilihan umum legislatif (Pileg), pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan gubernur (Pilgub) belum lama ini.

Kegiatan sosialisasi pelaksanaan pemilu waktu itu sepertinya masih belum dimengerti orang rimba, baik yang masih bertempat tinggal di dalam hutan maupun yang sudah berbaur dengan masyarakat setempat. Sehingga tingkat partisipasi SAD rendah.

Padahal keterlibatan mereka dalam menggunakan hak pilih sangat menentukan masa depan pembangunan, khususnya di Kabupaten Sarolangun. Pihaknya pun tidak ingin, dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, kejadian serupa terulang.

Mau tidak mau, sosialisasi Pemilu Kada akan mereka intensifkan. Caranya, dengan melibatkan tumenggung dan jenang (perantara) masing – masing kelompok guna mempermudah mereka menjalin komunikasi dengan orang rimba.

“Kita ingin semua masyarakat Sarolangun yang terdaftar dalam DPT ikut memilih. Termasuk juga warga SAD. Dan yang terpenting lagi, mereka memahami arti penting hak suara dan bagaimana cara yang benar menggunakan hak suaranya,” ujar Desi lagi.

Lantas, apakah KKI Warsi, NGO yang bergerak melakukan pendampingan bagi SAD dilibatkan dalam kegiatan tersebut. “Dana tidak cukup untuk melibatkan mereka. Jadi kita langsung ke Tumenggung mereka saja,” sambung dia.

Sebelumnya, , Manajer Program KKI Warsi Jambi, Robert mengatakan bahwa Warsi siap membantu KPU dalam melakukan sosialisasi Pemilu Kada. Apalagi jumlah warga SAD yang ada di Kabupaten Sarolangun cukup besar yakni sekitar 500-an orang.

Mereka tersebar diberbagai daerah di Kabupaten Sarolangun. Diantaranya di Bukit 12 atau tepatnya di Sungai Keruh dan Air Panas, Pematang Kabau dan Bukit Bulan. Ditempat lainnya yakni Singkut, Tanjung dan kelakar.

“Kita siap membantu, hanya saja permintaan itu tidak pernah ada,” terang Robert.

PSO-263